PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK DI SMK TATA BUSANA

Dewi, Agisa Putri Ayuning (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SULAMAN SMOCK DI SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran video sulaman smock pada mata pelajaran hiasan busana yang menarik dan layak digunakan di SMK N 1 Depok. 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video sulaman smock pada mata pelajaran hiasan busana agar layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK N 1 Depok. Penelitian pengembangan media pembelajaran video ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan model pengembangan dari Brog & Gall yang disederhanakan oleh Puslitjaknov (2008) yang meliputi lima langkah utama. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah: 1) Analisis kebutuhan, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi dan revisi, 4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi, 5) Uji coba lapangan skala Besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Busana di SMK N 1 Depok yang berjumlah 6 siswa pada uji coba lapangan skala kecil dan 31 siswa pada uji coba lapangan skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen dengan pertimbangan tiga orang ahli (expert judgment) dan koefisien reliabilitas dilakukan menggunakan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) media pembelajaran video dilakukan dengan 5 tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi dan revisi, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan produk akhir. 2) kelayakan modul berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media yang termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan 100%. Untuk kelayakan media pembelajaran video berdasarkan uji coba skala kecil dengan jumlah responden 6 siswa diperoleh hasil dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase 90,63%. Sedangkan untuk uji coba skala besar dengan responden 30 siswa diperoleh hasil dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase 81,41%. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari media pembelajaran video sulaman smock yang telah dibuat dapat dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video, sulaman smock, tata busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:10
Last Modified: 18 Sep 2019 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65907

Actions (login required)

View Item View Item