PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI BADAN WANITA SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK SISWA KELAS XI SMK TATA BUSANA

Puspita, Melinda Anissa (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN PROPORSI BADAN WANITA SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN COREL DRAW UNTUK SISWA KELAS XI SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk: 1) Mengembangkan video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital untuk siswa kelas XI SMK Tata Busana; 2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital untuk siswa kelas XI SMK Tata Busana. Model penelitian ini menggunakan pengembangan dari Borg&Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahap pengembangan produk terdiri dari; 1) analisis kebutuhan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 37 siswa. 6 siswa pada uji coba skala kecil dan 31 siswa pada uji coba skala besar, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11-28 Mei 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrument dengan menggunakan validitas isi dengan menerima pendapat dari ahli (judgement expert) didapatkan hasil layak dan reliabilitas inter-rater dan didapatkan hasil sepakat. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa; (1) video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital ini melalui 5 tahap pengembangan yaitu ; (a) analisa kebutuhan produk berupa analisis kurikulum,silabus,analisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa; (b) pengembangan produk awal video pembelajaran dengan 3 tahap yaitu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi; (c) hasil kelayakan oleh ahli materi dan media dengan presentase sebesar (100%) yang dikategorikan “layak”; (d) hasil uji coba lapangan skala kecil kepada 6 siswa diperoleh hasil skor rata-rata 64 dari skor ideal 80 dengan presentase kategori sangat layak (33.3%) dan kategori layak sebesar (66.7%) sehingga dapat dikategorikan “layak”; (e) hasil uji coba lapangan skala besar kepada 31 siswa diperoleh skor rata-rata 64 dari skor ideal 80 dengan presentase kategori sangat layak (38.8%) dan kategori layak sebesar (61.2%) sehingga dapat dikategorikan “layak”. (2) kelayakan video pembelajaran pembuatan proporsi badan wanita secara digital dari penilaian ahli materi dan media, uji skala kecil, dan uji skala besar dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI SMK Tata Busana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video, proporsi badan secara digital
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:04
Last Modified: 18 Sep 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65906

Actions (login required)

View Item View Item