Baitipur, Patriatdin Riyadi (2019) PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL SISTEM AMERIKA KELAS X SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab I.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan media video dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika, (2) menguji keefektifan media powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika, 3) mengetahui perbedaan keefektifan media video dan powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika. Variabel independen penelitian adalah penggunaan media video dan powerpoint. Variabel dependen kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X TFLM A sebagai kelompok eksperimen dan 33 siswa kelas X TPL sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan membaca gambar. Tes dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil tes menggunakan uji-t. Hasil penelitian: (1) Media video efektif meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 4,914 > ttabel = 1,690 dan p = 0,0000111 < 0,05. (2) Media powerpoint efektif meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 1,892 > ttabel = 1,695 dan p = 0,03 < 0,05. (3) Terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara media video dan powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2,863 > ttabel = 1,997 dan p = 0,003 < 0,05. Peningkatan kemampuan membaca gambar pada kelas X TFLM A yang menggunakan media video sebesar 15,88%. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca gambar pada kelas X TPL yang menggunakan media powerpoint sebesar 3,49%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video, kemampuan, proyeksi ortogonal |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 01:02 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 01:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |