PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL SISTEM AMERIKA KELAS X SMK NEGERI 2 KLATEN

Baitipur, Patriatdin Riyadi (2019) PERBEDAAN KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL SISTEM AMERIKA KELAS X SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan media video dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika, (2) menguji keefektifan media powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika, 3) mengetahui perbedaan keefektifan media video dan powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika. Variabel independen penelitian adalah penggunaan media video dan powerpoint. Variabel dependen kemampuan membaca gambar proyeksi sistem Amerika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X TFLM A sebagai kelompok eksperimen dan 33 siswa kelas X TPL sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan membaca gambar. Tes dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil tes menggunakan uji-t. Hasil penelitian: (1) Media video efektif meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 4,914 > ttabel = 1,690 dan p = 0,0000111 < 0,05. (2) Media powerpoint efektif meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 1,892 > ttabel = 1,695 dan p = 0,03 < 0,05. (3) Terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara media video dan powerpoint dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar proyeksi ortogonal sistem Amerika. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2,863 > ttabel = 1,997 dan p = 0,003 < 0,05. Peningkatan kemampuan membaca gambar pada kelas X TFLM A yang menggunakan media video sebesar 15,88%. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca gambar pada kelas X TPL yang menggunakan media powerpoint sebesar 3,49%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video, kemampuan, proyeksi ortogonal
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:02
Last Modified: 16 Sep 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65861

Actions (login required)

View Item View Item