Setiawan, Anggit (2019) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU KELOMPOK MATA PELAJARAN C3 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETESI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kepribadian guru kelompok mata pelajaran C3 Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) MK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta, (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian KGSP SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Ypgyakarta, dan (3) mengetahui besarnya pengaruh kepribadian guru kelompok mata pelajaran C3 terhadap motivasi belajar siswa di Kompetensi Keahlian KGSP SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret-April 2019. Data dari penelitian ini diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh 41 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian KGSP yang terdiri dari XI KGSP 1 (17 siswa) dan XI KGSP 2 (24 siswa). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) sebagian besar kepribadian guru keompok mata pelajaran C3 masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 32,5%, (2) motivasi belajar siswa masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 47,5%, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepribadian guru kelompok mata pelajaran C3 terhadap motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian KGSP SMK Negeri 1 Seyegan Sleman yang dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi (r) sebesar 0,514 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,264. Artinya, sekitar 26,4% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepribadian guru secara positif. Sedangkan 74,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 06:34 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 06:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |