PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI LISTRIK PADA MATA KULIAH PRAKTIK INSTALASI DAN MESIN LISTRIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anggorowati, Rovadita (2019) PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI LISTRIK PADA MATA KULIAH PRAKTIK INSTALASI DAN MESIN LISTRIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan standar internasional yang terus berubah membuat PUIL yang keluarkan oleh Kementrian ESDM selalu mengalami perubahan. PUIL yang berlaku saat ini adalah PUIL 2011. Praktik Instalasi Listrik di Program Studi Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta masih menggunakan PUIL 2000 dan jumlah panel yang tersedia sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan pengembangan trainer sesuai dengan mata kuliah Praktik Instalasi Listrik program studi Pendidikan Teknik Elektronika UNY, (2) Mengetahui kelayakan trainer instalasi listrik pada mata kuliah Praktik Instalasi Listrik program studi Pendidikan Teknik Elektronika UNY. Penelitian ini merupakan pengembangan trainer instalasi listrik menggunakan metode ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran (Expert Judgement). Uji kelayakan produk dilakukan pada 21 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika UNY sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert skala 1 sampai 5 untuk ahli dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Trainer instalasi listrik dibuat berbentuk board dengan roda yang membuat trainer instalasi listrik lebih praktis dan fleksibel untuk dipindah-pindah. Trainer instalasi listrik berisi perlengkapan listrik penerangan satu fasa. Penggunaan identifikasi kabel dan keterangan pada jobsheet yang digunakan pada trainer instalasi listrik disesuaikan dengan PUIL 2011. (2) Hasil uji kelayakan trainer instalasi listrik berdasarkan hasil uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji kelayakan trainer instalasi listrik berdasarkan hasil uji validasi media memperoleh presentase 88% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil uji kelayakan pengguna memperoleh presentase 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukan bahwa trainer instalasi listrik yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah praktik instalasi listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Instalasi, Listrik, Pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:05
Last Modified: 12 Sep 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65848

Actions (login required)

View Item View Item