Cahyani, Afifah Putri (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MERENDA (CROCHET) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN BANTUAN JOBSHEET UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya dengan bantuan jobsheet pada materi merenda untuk siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur; 2) meningkatkan hasil belajar materi merenda melalui metode pembelajaran tutor sebaya dengan bantuan jobsheet pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart, yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borodur yang berjumlah 32 siswa pada tahun 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dengan bantuan jobsheet, tes tertulis, dan tes unjuk kerja materi merenda. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi yaitu meminta pertimbangan kepada judgment expert dengan hasil akhir istrumen layak diggunakan untuk penelitian. Sedangkan pembuktian realibilitas menggunakan metode Antar Renter denggan menggunakan Procentage Of Agreement yang menyatakan bahwa instrument reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan deskripsif kuantitatif sebagai teknik analisis data. Hasil Penelitian adalah: 1) pelaksanaan metode pembelajaran tutur sebaya dengan bantuan jobsheet pada materi merenda dengan langkah-langkah: (a) Pendahuluan : salam pembuka , apresepsi; (b) kegiatan inti: tahap (1) penentuan proyek, membagi tutor dan kelompok (mengamati, menanya), tahap (2): penjelasan materi (menalar) , mengerjakan proyek (mencoba), hasil pengerjaan proyek (mencipta), mempresentasikan (mengkomunikasikan), tahap (3): (c) penutup: menyimpulan (simpulan), menjelaskan pencapaian pembelajaran (konfirmasi) mendiskusikan (refleksi) , mengevaluasi hasil proyek: (2) peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan presentasi nilai pra siklus 15,6% yaitu 5 siswa kompeten, menjadi 75 % atau 24 siswa kompeten pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 100% yaitu 32 siswa. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dengan bantuan jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar materi merenda
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor sebaya, jobheet, hasil belajar, merenda, siswa, SMK |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65841 |
Actions (login required)
View Item |