FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN BUKA PUASA DI PASAR KAGET RAMADHAN LEMBAH UGM 2019

Setyani, Siti Noor Fatihah Ngudi (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN BUKA PUASA DI PASAR KAGET RAMADHAN LEMBAH UGM 2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui karakteristik konsumen di Pasar Kaget Lembah UGM 2019; 2) mengetahui faktor internal yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap makanan yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 yang meliputi: fisiologis dan psikologis; 3) mengetahui faktor internal yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap makanan yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 yang meliputi: aspek keluarga, kelas sosial, kebudayaan, kelompok referensi, karakteristik sensorik (warna, aroma, rasa, tekstur) Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei. Populasi sebanyak 19738 orang. Sampel sebanyak 367 orang dibagi secara proporsional pada masing-masing kategori. Kategori makanan pokok 10 orang, kategori makanan sepinggan 29 orang, kategori makanan jajanan dan kudapan 268 orang dan kategori minuman 60 orang. Data dikumpulkan dan dievaluasi secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Pasar Kaget Lembah UGM yang terbentang dari bagian depan Fakultas Teknik UNY hingga Lembah UGM dan Masjid kampus UGM pada Bulan April hingga Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) karakteristik responden atau konsumen tebanyak di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 adalah berusia 20-30 tahun (55,6%), berjenis kelamin perempuan (62%), dengan daerah asal Provinsi D.I Yogyakrata (42%) dan berpenghasilan kurang dari Rp 1.800.000 (89,6%); 2) faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap makanan yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 ditinjau dari faktor internal berada dalam kategori tinggi (82%) yang meliputi aspek fisiologis berada dalam kategori tinggi (76,4%) dan aspek psikologis berada dalam kategori tinggi (86,3%). Hal ini berarti bahwa preferensi konsumen terhadap makanan berbuka yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 dipengaruhi oleh faktor internal yang bersumber dari fisiologis dan psikologis responden; 3) faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap makanan yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 ditinjau dari faktor eksternal berada dalam kategori tinggi (79%) yang meliputi aspek keluarga dalam kategori tinggi (72,25%), aspek kelas sosial dalam kategori tinggi (80,25%), aspek budaya dalam kategori tinggi (88,75%), aspek kelompok referensi dalam kategori tinggi (82,25%), dan aspek karakteristik sensorik dalam kategori tinggi (66,75%). Hal ini berarti bahwa preferensi konsumen terhadap makanan berbuka yang dijual di Pasar Kaget Ramadhan Lembah UGM 2019 dipengaruhi oleh faktor eksternal yang bersumber dari keluarga, kelas sosial, kebudayaan, kelompok referensi dan karakteristik sensorik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Konsumen, Makanan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:20
Last Modified: 12 Sep 2019 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65838

Actions (login required)

View Item View Item