PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16 UNTUK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI AL-AMIN SANTREN

Mulyana, Mulyana (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16 UNTUK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI AL-AMIN SANTREN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pentingnya pembelajaran santri mengenal huruf hijayah pada jilid 1-4 di Taman Pendidikan Al-Qur’an Santren. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman santri mengenai huruf hijaiyah dan harokat. Adapun solusi yang digunakan dapat melalui media pembelajaran huruf hijaiyah berbasis mikrokontroler atmega 16 yang dijadikan sebagai media untuk mempermudah santri dalam mengenal huruf hujaiyah. Semoga dengan adanya media pembelajaran huruf hijaiyah ini dapat membantu guru mengajar huruf hijaiyah dan harokat. Pengembangan Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Mikrokontroler Atmega16 untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an di Al-Amin Santren ini menggunakan pendekatan Research and Development dari Sugiyono meliputi : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk. Objek penelitian yaitu media pembelajaran huruf hijaiyah. Subjek penelitian yaitu Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Amin Santren. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuisioner dan angket. Kemudian teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) media pembelajaran huruf hijaiyah berbasis mikrokontroler atmega 16 dibuat terdiri dari perangkat hardware (keyborad, LCD, speaker) dan buku petunjuk penggunaan media, (2) unjuk kerja media pembelajaran huruf hijaiyah dari seluruh tombol huruf hijaiyah dapat menampilkan karakter huruf pada display LCD tanpa error dan untuk output suara dari speaker mengeluarkan suara huruf yang sesuai mahroj huruf hijaiyah dengan kecepatan 1 sampai 2 detik dari output suara yang berbeda-beda sesuai dengan delay yang diatur dalam program, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran huruf hijaiyah dilihat dari validasi ahli materi, ahli media dan pengguna. Hasil penilaian dari ahli materi di dapat presentase 90% termasuk kategori “sangat layak”, hasil penilaian dari ahli media di dapat presentase 99% termasuk kategori “sangat layak”, hasil penilaian dari pengguna di dapat presentase 86% termasuk dalam kategori “sangat layak”. dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran huruf hijaiyah di kategorikan sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, huruf hijaiyah, atmega16
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:44
Last Modified: 12 Sep 2019 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65832

Actions (login required)

View Item View Item