PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT MELALUI APLIKASI SIGIL

Putri, Anindita Sekar (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT MELALUI APLIKASI SIGIL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan e-modul penyelesaian tepi pakaian yang layak digunakan untuk pembelajaran dasar teknologi menjahit. (2) Mengetahui kelayakaan e-modul penyelesaian tepi pakaian dengan aplikasi Sea Digital Learning (Sigil). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan penelitian ini adalalah model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Prosedur pengembangan terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Gedangsari dengan subyek penelitian berjumlah 32 siswa pada kelas Tata Busana. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) produk media pembelajaran penyelesaian tepi pakaian yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menghasilkan produk berbentuk e-modul dengan materi penyelesaian tepi pakaian rompok, serip, dan depun, (2) media dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan siswa. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil dari 6 siswa sebesar 83,33% menyatakan layak dan hasil uji coba skala besar dari 32 siswa menyatakan 93,75% layak. Dari hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran e-modul penyelesaian tepi pakaian layak digunakan untuk media pembelajaran dasar teknologi menjahit di SMK N 2 Gedangsari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, penyelesaian tepi pakaian
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:11
Last Modified: 12 Sep 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65825

Actions (login required)

View Item View Item