Yuniardira, Aisya (2019) HUBUNGAN PARTISIPASI DALAM TUGAS KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN KEMEJA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK N 1 KALIJAMBE SRAGEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui tingkat partisipasi dalam tugas kelompok pada kompetensi pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen (2) mengetahui hasil belajar pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen (3) membuktikan adanya hubungan antara partisipasi dalam tugas kelompok dengan hasil belajar pembuatan kemeja oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi peneltian adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana di SMK N 1 Kalijambe Sragen yang menempuh mata pelajaran Pembuatan Busana Industri sebanyak 45 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 40 siswa ditentukan berdasarkan tabel Krejcie-Morgan dengan taraf signifikansi 5%, kemudian sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat partisipasi dalam tugas kelompok pembuatan kemeja siswa kelas XI di SMK N Kalijambe Sragen dikategorikan rendah dengan mean 65,55 (92,5%). (2) Hasil belajar pembuatan kemeja siswa kelas XI di SMK N 1 Kalijambe Sragen 22,5 % berhasil mencapai nilai KKM dan 77,5 % berada di bawah nilai KKM sehingga dinyatakan belum tuntas dengan mean sebesar 68,88. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara partisipasi dalam tugas kelompok dengan hasil belajar pembuatan kemeja dimana r hitung sebesar 0,968 lebih besar dari r tabel 0,312 dengan N= 40 pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, tugas kelompok, hasil belajar pembuatan kemeja |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 02:05 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65824 |
Actions (login required)
View Item |