Aziz, Zulfikar Abdul (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PENGELOLAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran dalam bentuk modul. Pembelajaran yang dimaksud adalah pada mata pelajaran pengelolaan bisnis konstruksi dan properti di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4D (Four-D). Pada penelitian ini terdapat empat tahapan utama dalam pengembangan media, yaitu; define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penggunaan angket validasi untuk menguji kelayakan media pembelajaran. Angket validasi terseut diisi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru pengampu mata pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) tabulasi data, (2) menghitung skor, (3) mengkonversikan skor yang diperoleh dengan skala empat yang mengacu pada tabel konversi skor empat. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk modul pengelolaan bisnis konstruksi dan properti yang berisikan materi tentang bisnis konstruksi dan properti, unsur-unsur pengelola proyek konstruksi, diagram penjadwalan proyek konstruksi. Ahli materi menilai media pembelajaran termasuk pada kategori “Layak” dengan rata-rat skor 3,15 atau 78,84%, ahli media menilai media pembelajaran termasuk pada kategori “Layak” dengan rata-rata skor 3,10 atau 77,66%, sedangkan penilaian guru terhadap media pembelajaran pada aspek materi termasuk pada kategori “Layak” dengan rata-rata skor 3,23 atau 80,75% dan pada aspek media termasuk pada kategori “Layak” dengan rata-rata skor 3,06 atau 76,50%. Media pembelajaran diserahkan kepada guru agar dapat digunakan pada pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bisnis Konstruksi dan Properti, Manajemen Konstruksi |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 07:28 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 07:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65818 |
Actions (login required)
View Item |