PENGEMBANGAN MEDIA CHART TIGA DIMENSI PEMBUATAN FRAGMEN BELAHAN DUA LAJUR MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK

Purbaningsih, Dewi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA CHART TIGA DIMENSI PEMBUATAN FRAGMEN BELAHAN DUA LAJUR MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Coverr.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran chart tiga dimensi pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar mata pelajaran dasar teknologi menjahit untuk siswa kelas X tata busana SMK Diponegoro Depok, 2) mengetahui kelayakan media chart tiga dimensi untuk proses pembelajaran pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar mata pelajaran dasar teknologi menjahit untuk siswa kelas X tata busana SMK Diponegoro Depok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahapan dalam penelitian ini meliputi:1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian ini melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi, subyek uji coba lapangan skala kecil berjumlah 6 dan subyek uji coba lapangan skala besar berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater dengan rumus Koefisien Alfa Cronbach. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Guttman untuk para ahli dan skala Likert untuk peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah; 1) menghasilkan produk media chart tiga dimensi pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar mata pelajaran dasar teknologi menjahit siswa kelas X tata busana SMK Diponegoro Depok; 2) media pembelajaran chart tiga dimensi pembuatan fragmen belahan dua lajur tidak sama lebar ditunjukkan dengan uji coba lapangan skala kecil dengan hasil mean 73,00 dengan kategori sangat layak, yang menyatakan sangat setuju sebesar 65% dan menyatakan setuju sebesar 35%. Uji coba lapangan skala besar dengan hasil mean 73,54 dengan kategori sangat layak, yang menyatakan sangat setuju (70%), menyatakan setuju sebesar 29,6% dan menyatakan kurang setuju (0,4%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Chart Tiga Dimensi, Belahan Dua Lajur
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:40
Last Modified: 11 Sep 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65807

Actions (login required)

View Item View Item