PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS FLASH KOMPETENSI DASAR PENGENALAN KOMPONEN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK MAARIF 1 WATES

Hilman, Muhamad Hasymi (2019) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS FLASH KOMPETENSI DASAR PENGENALAN KOMPONEN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK MAARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) model laboratorium virtual instalasi penerangan listrik, (2) kelayakan laboratorium virtual instalasi penerangan listrik, dan (3) respon siswa terhadap penggunaan laboratorium virtual instalasi penerangan listrik dalam mendukung pembelajaran di SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D)menggunakan model pengembangan penelitian ADDIE.Laboratorium virtual yang dikembangkan merupakan jenis laboratorium virtual 2D berbasis flash.Penelitian dilakukan di SMK Maarif 1 Wates denganresponden penelitian yakni 1 guru dan27siswa kelasXI Teknik Instalasi Tenaga Listrik.Metode pengumpulan data dilakukan dengan : (1) wawancara, (2) angket dan (3) observasi.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif kualitatif dan kuantitatif.Instrumen penelitian yang digunakan meliputi : (1) instrumen panduan wawancara, (2) angket, dan (3) observasi.Validasi instrumen dilakukan oleh dosen pembimbing. Validitas produk dilakukan dengan expert judgementoleh ahli di lingkungan Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) dan dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Hasil penelitian yang diperoleh berdasar validasi ahli, uji coba, dan observasi menunjukkan : (1) model laboratorium virtual instalasi penerangan listrik yang tepat merupakan laboratorium virtual yang memiliki :peralatan praktikum, berbasis komputer, jaringan komunikasi hardware pendukung, program simulasi, manajemen laboratorium dan pemandu praktikum, (2) tingkat kelayakan laboratorium virtual termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai 76,38dan hasil uji kelayakan penggunaan produk dengan nilai 91,60,(3) respon siswa terhadap penggunaan laboratorium virtual sangat tinggi, terbukti daripenilaian respon siswa aspek perilaku 9% baik, 86% sangat baikdan 5% kurangbaik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: research and development,laboratorium virtual, instalasi penerangan listrik, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:40
Last Modified: 11 Sep 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65805

Actions (login required)

View Item View Item