PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN LENTUR BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Utama, Andhika Wahyu (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN LENTUR BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan dari media pembelajaran konstruksi perkerasan lentur berbasis Adobe Flash untuk kelas XI di Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (Four-D) Thiagarajan. Pada penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menguji kelayakan dari media pembelajaran. Media pembelajaran divalidasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru mata pelajaran. Hasil yang didapat adalah: (1) Tahapan pendefinisian dilakukan dengan analisa awal mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan (2) Tahapan perancangan yaitu proses perencanaan dan pembuatan media pembelajaran, berdasarkan hasil dari proses pendefinisian di awal, (3) Tahapan pengembangan yang dilakukan adalah expert appraisal yaitu penilaian yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran. Hasil persentase kelayakannya: Validasi oleh ahli media diperoleh skor 85 dengan persentase kelayakan 88,5% dengan kategori sangat layak dan dengan beberapa revisi. Validasi oleh ahli materi dengan skor 74 dengan persentase 88,1% dengan kategori sangat layak dan dengan beberapa revisi. Validasi oleh guru mata pelajaran dengan skor 114 dengan persentase 84% dengan kategori sangat layak. (4) Tahapan penyebaran dilakukan dengan menyebarkan media pembelajaran kepada guru mata pelajaran menggunakan flashdisk dan CD player yang nantinya akan disebarkan ke peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Konstruksi perkerasan lentur, Four-D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:42
Last Modified: 10 Sep 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65799

Actions (login required)

View Item View Item