Kholifah, Lorenza Nur (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN KELAS XI SEMESTER I DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapantahapan pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) di SMK N 2 Depok, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung untuk siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) di SMK N 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagrajan yaitu 4D models. Terdapat empat tahapan, yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebaran. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian ahli dan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SMK N 2 Depok pada Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) Kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) kelayakan aspek materi Modul Sistem Utilitas Bangunan Gedung mendapatkan hasil penilaian gabungan ahli materi dengan prosentase 73,3% dan masuk kategori “Layak.” Sedangkan kelayakan media Modul Sistem Utilitas Bangunan Gedung mendapatkan hasil penilaian ahli media dengan prosentase 94,87% dan masuk kategori “Sangat Layak.” (2) komponen yang harus diperhatikan untuk peningkatan kelayakan modul adalah meningkatkan evaluasi soal ketingkat pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul, Kelayakan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 07:05 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 07:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |