PENGARUH LATIHAN DRILL MULTI ARAH DAN CORE STABILITY TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN DAN POWER TUNGKAI ATLET BULUTANGKIS

Widiasto, Yohanes Angga (2019) PENGARUH LATIHAN DRILL MULTI ARAH DAN CORE STABILITY TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN DAN POWER TUNGKAI ATLET BULUTANGKIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Yohanes Angga WIdiasto_UNY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill multi arah dan core stability terhadap peningkatan kelincahan dan power tungkai atlet bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “one groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bulutangkis PB MDP Cangkringan yang berjumlah 65 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Kriteria dalam penentuan sampel ini meliputi: (1) daftar hadir latihan minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan pada saat treatment), (2) pemain bulutangkis PB MDP Cangkringan, (3) bersedia untuk mengikuti perlakuan sampai akhir, dan (4) tidak dalam keadaan sakit, (5) berusia 10-12 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 7 orang. Instrumen menggunakan untuk mengukur power tungkai menggunakan tes triple hope test dan tes kelincahan menggunakan tes rangkaian olah kaki. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan drill multi arah dan core stability terhadap peningkatan kelincahan atlet bulutangkis, dengan t hitung 6,584 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 15,61%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan drill multi arah dan core stability terhadap peningkatan power tungkai atlet bulutangkis, dengan t hitung 4,553 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 3,11%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: drill multi arah, core stability, kelincahan, power tungkai
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:54
Last Modified: 10 Sep 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65795

Actions (login required)

View Item View Item