EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT RESPON PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 3 KEBUMEN

Windy Hapsari, Windy (2019) EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT RESPON PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 3 KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Windy Hapsari_14104241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MTs Negeri 3 Kebumen dilihat dari respon peserta didik. Evaluasi ini terdiri dari: 1. Evaluasi Proses yang meliputi pelaksanaan layanan; 2. Evaluasi Hasil meliputi: (a) pemahaman diri, sikap, dan perilaku, (b) perasaan positif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi proses dan hasil. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Kebumen. Populasi penelitian ini sebanyak 292 siswa kelas VIII, sedangkan sampel penelitian adalah 161 siswa. Pengambilan sampel didasarkan pada tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikasi 5 %. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan uji daya beda pada butir instrumen. Reliabilitas isntrumen dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows dengan melihat nilai alpha Cronbach yang memperoleh hasil 0,752. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan BK di MTs Negeri 3 Kebumen secara umum dikategorikan cukup baik. Hasil penelitian yang dibagi menjadi dua aspek. Pertama, pada aspek proses dikategorikan cukup baik dengan skor rata-rata 41,17. Kedua, pada aspek hasil dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 14,79. Kata kunci: bimbingan dan konseling, evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:07
Last Modified: 10 Sep 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65788

Actions (login required)

View Item View Item