PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015)

SULISTIYAWAN, ADITYA (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2015). S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Aditya Sulistiyawan_13812141004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh (1) Kecerdasan Emosional, (2) Perilaku Belajar, (3) Kecepercayaan Diri terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Desain Penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa Akuntasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 1,311 < t tabel = 1,997 dengan nilai signifikansi (0,194>0,05), koefisien regresi =0,141, dan r square = 0,025, (2) Perilaku Belajar tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung = 0,538 < t tabel = 1,997 dengan nilai signifikansi (0,592>0,05), koefisien regresi = 0,070, dan r square = 0,004, (3) Kepercayaan Diri tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan t hitung = 1,719 < t tabel =1,997 dengan nilai signifikansi (0,090>0,05), koefisien regresi = 0,190, dan r square = 0,042, (4) Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Kepercayaan Diri secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi linier berganda yang menghasilkan nilai F hitung = 2,050 < F tabel = 2,740 dengan nilai signifikansi (0,115>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:45
Last Modified: 10 Sep 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65785

Actions (login required)

View Item View Item