PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI DAGING SAPI DAN HASIL OLAHNYA UNTUK SISWA SMK

Ayuningtyas, Fathia Bela (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI DAGING SAPI DAN HASIL OLAHNYA UNTUK SISWA SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android materi daging sapi dan hasil olahnya, 2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android materi daging sapi dan hasil olahnya berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan (PBM), dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Dalam penelitian ini hanya 4 tahap sampai implementasi saja. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Culinary 1 sejumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pengembangan multimedia interaktif meliputi: a) menganalisis kebutuhan siswa, b) merancang produk pengembangan, c) membuat produk multimedia dengan Adobe Flash CS6 dan melakukan validasi dengan para ahli, d) menguji cobakan produk multimedia kepada 24 siswa. 2) Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran berbasis android berdasarkan penilaian : a) Ahli materi sebesar 93,75%; 2) Ahli media sebesar 81,25%; 3) Guru sebesar 98,80%. Respon siswa terhadap multimedia interaktif saat uji skala kecil dengan aspek kebahasaan 83,38%, aspek penyajian 82,25%, aspek pembelajaran interaktif 86%, dan aspek tampilan menyeluruh 80%. Hasil ini menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Pengetahuan Bahan Makanan (PBM) Kompetensi Dasar Menganalisis Bahan Makanan dari Daging dan Hasil Olahnya Materi Daging Sapi dan Hasil Olahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Android, Pengetahuan Bahan Makanan, Daging Sapi dan Hasil Olahnya, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:48
Last Modified: 10 Sep 2019 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65778

Actions (login required)

View Item View Item