PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2015 DAN 2016 FE UNY

Luthfie, Izzul Syafrizal (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2015 DAN 2016 FE UNY. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IZZUL SYAFRIZAL LUTHFIE.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY, 2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY, 3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY, 4) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY berjumlah 154 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 108 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY dengan nilai rx1y(0,589), r2x1y(0,346) dan thitung(7,495)>ttabel(1,662) pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY dengan nilai rx2y(0,265), r2x2y(0,070) dan thitung(2,824)>ttabel(1,662) pada taraf signifikansi 5%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY dengan nilai rx3y(0,468), r2x3y(0,219) dan thitung(5,454)>ttabel(1,662) pada taraf signifikansi 5%. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar dan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 dan 2016 FE UNY dengan nilai R(1,2,3) sebesar 0,681, R2(1,2,3) sebesar 0,464 dan Fhitung(29,962)>Ftabel(2,70).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Minat Menjadi Guru.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:40
Last Modified: 10 Sep 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65776

Actions (login required)

View Item View Item