KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BOGA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 1 KALASAN

Hasanah, Annur Reni (2019) KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BOGA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 1 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR ISI SIZE A4.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan kreativitas siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 1 Kalasan, (2) menemukan inovasi siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019 hingga Agustus 2019 di SMKN 1 Kalasan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMKN 1 Kalasan dengan total populasi 70 siswa. Ukuran sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling yaitu proportional random sampling dengan taraf kesalahan 5% didapatkan sampel sebanyak 58 siswa dan kemudian dikelompokkan kedalam 18 tim. Pengambilan data menggunakan dua angket dengan skala Guttman. Angket pertama untuk mengukur kreativitas dengan jumlah 58 siswa dan angket kedua untuk mengukur inovasi dengan jumlah 18 tim. Data yang diperoleh dihitung menggunakan teknik analisis deskriptif dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas individu berada pada kategori tinggi sebanyak 40 siswa (69,0%), kategori sedang sebanyak 17 siswa (29,3%), dan kategori rendah sebanyak 1 siswa (1,7%), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMKN 1 Kalasan memiliki kreativitas individu yang tinggi, (2) inovasi tim berada pada kategori tinggi sebanyak 0 tim (0%), kategori sedang sebanyak 10 tim (55,6%), dan kategori rendah sebanyak 8 tim (44,4%), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Tata Boga di SMKN 1 Kalasan memiliki inovasi sedang dalam tim.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, inovasi, produk kreatif dan kewirausahaan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:37
Last Modified: 10 Sep 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65773

Actions (login required)

View Item View Item