PERSEPSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN DALAM MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK BATU DI BENGKEL BATU SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Wijoyo, Cahyadi (2019) PERSEPSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN DALAM MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK BATU DI BENGKEL BATU SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
71. Cahyadi Wijoyo 12505244020 B.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Persepsi Siswa Kelas XI Program Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan dalam Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Praktik Batu di Bengkel Batu SMK Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah persepsi siswa kelas XI program keahlian konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktik batu di bengkel batu SMK N 1 Seyegan yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) tabulasi data (2) analisis data (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa kelas XI konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktik batu di bengkel batu SMK N 1 Seyegan. Aspek pengetahuan termasuk kategori baik dengan nilai rerata 77.51. Aspek sikap (1) keselamatan kerja (2) keselamatan lingkungan kerja (3) kesehatan lingkungan kerja (4) kesehatan individu (5) ketepatan menggunakan peralatan termasuk kategori baik dengan nilai rerata 93.32. Aspek tindakan (1) keselamatan individu (2) menghindari kecelakaan (3) keamanan praktik (4) pelaksanaan praktik termasuk kategori baik dengan 38 siswa menerapkan tindakan K3 sesuai pengetahuan yang dimiliki dari 41 responden yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:48
Last Modified: 10 Sep 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65771

Actions (login required)

View Item View Item