PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF FIND ME ACCOUNTING BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2018/2019

INDARIYATI, VARIANA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF FIND ME ACCOUNTING BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Skripsi full_Variana Indariyati_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Game Edukatif Find Me Accounting Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang untuk Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sleman; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Game Edukatif Find Me Accounting Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang untuk Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sleman berdasarkan validasi dari Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran Akuntansi; 3) mengetahui penilaian siswa terhadap kelayakan media pembelajaran Game Edukatif Find Me Accounting Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang untuk Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Validasi media dilakukan oleh Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran Akuntansi yaitu guru Akuntansi SMA. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 27 siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Game Edukatif Find Me Accounting Berbasis Android berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh persentase 75% yang termasuk dalam kategori layak. 2) Ahli Media diperoleh persentase 86,36% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase 98% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 4) Penilaian siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Sleman diperoleh persentase 81,57% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukatif “Find Me Accounting” berbasis Android yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Find Me Accounting, Android, ADDIE
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:20
Last Modified: 10 Sep 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65768

Actions (login required)

View Item View Item