PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sari, Dwi Novita (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Undergraduate Thesis_Dwi Novita Sari_15803241006_Pend.Akuntansi+Dean Approval.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Manufaktur siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament (TGT) dan kelas XII Akuntansi 2 sebagai kelas control dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI), dengan masing-masing 32 siswa. Metode penelitiannya quasi eksperimental dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (expert judgement) dan uji product moment pearson, uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Selain itu dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh soal. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji t (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan Team Accelerated Instruction (TAI) memiliki perbedaan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Manufaktur dengan materi pokok Laporan Biaya Produksi Metode Harga Pokok Pesanan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Purworejo ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis posttest, dengan hasil uji Independen Sample t-Test, nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05 (0,005< 0,05) dan thitung > ttabel (2,885 > 1,6698), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Manufaktur dengan menggunakan metode TGT lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode TAI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Metode Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament, Team Accelerated Instruction, Hasil Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:16
Last Modified: 10 Sep 2019 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65767

Actions (login required)

View Item View Item