PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI (Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Abdiillah, Syarofi (2019) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI (Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SYAROFI ABDILLAH_16812147032_PKS AKUNTANSI 2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY; (2) Pengaruh Preferensi Risiko terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY; (3) Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Preferensi Risiko terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi dan akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 138 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan Investasi tidak berpengaruh terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,296 > 0,05; (2) Preferensi Risiko berpengaruh terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Pengetahuan Investasi dan Preferensi Risiko berpengaruh terhadap Minat Investasi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 17,709> F tabel 3,92. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pembelajaran terkait investasi dapat menekankan pada pemahaman tujuan investasi, preferensi risiko serta sosialisasi dan simulasi kegiatan investasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Investasi, Preferensi Risiko, Minat Investasi Mahasiswa
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 00:58
Last Modified: 10 Sep 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65764

Actions (login required)

View Item View Item