IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU FUN ACCOUNTING BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKL 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

APRILIANI, UMIANISAH (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU FUN ACCOUNTING BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKL 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMIANISAH APRILIANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan implementasi Model Pembelajaran tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantu Fun Accounting berbasis Lectora. Media pembelajaran ini dikembangkan oleh Kartika Bunga pada tahun 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumal 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumen, lembar tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test siklus I sebesar 33,57 meningkat menjadi sebesar 72,68 pada post test atau meningkat sebesar 39,11. Peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pre test siklus I sebesar 6,45% meningkat menjadi 64,52% pada post test atau meningkat sebesar 58,07%. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test sebesar 35,80 meningkat menjadi sebesar 80,09 pada post test atau meningkat sebesar 44,30. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre test 0,00% meningkat menjadi 78,13% pada post test atau meningkat sebesar 78,13%. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata dan peningkatan ketuntasan Hasil Belajar Kompentensi Jurnal Penyesuaian dari siklus I ke siklus II, maka hipotesis tindakan yang berbunyi “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Fun Accounting Berbasis Lectora dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019” dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantu Fun Accounting Berbasis Lectora
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Sep 2019 00:55
Last Modified: 10 Sep 2019 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65763

Actions (login required)

View Item View Item