PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Swadyaya, I Putu Yana (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAME (RPG) UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. Lampiran.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program media pembelajaran berbentuk game tentang pembacaan kode gelang resistor dan rangkaian resistor sederhana dengan game engine RPG Maker MV untuk siswa SMK kelas X. Media pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari: program media pembelajaran, lembar kerja siswa, dan sebuah modul pelengkap. Penelitian dilaksanan pada bulan April-Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Proses penelitian melalui beberapa tahap, (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Media, (4) Validasi Ahli, (5) Revisi, dan (6) Uji Coba Pengguna. Validasi ahli dilakukan oleh empat orang ahli, satu ahli materi dari guru SMK 3, satu ahli media dari guru SMK 3, satu ahli materi dari dosen UNY, dan satu ahli media dari dosen UNY. Uji coba pengguna dilakukan oleh dua puluh tujuh siswa SMK kelas X. Analisa kelayakan media pembelajaran menggunakan analisa deskriptif. Hasil validasi ahli dan uji pengguna menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori layak berdasarkan seluruh aspek yang divalidasi dan diujikan. Penilaian ahli Materi I menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 93,04% (Sangat Layak). Penilaian ahli Materi II menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 72,17% (Layak). Penilain ahi Media I menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 86,65% (Sangat Layak). Penilain ahi Media II menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 89,29% (Sangat Layak). Hasil uji coba kepada pengguna menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 78,52% (Layak).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, resistor, rangkaian, RPG Maker, game
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:30
Last Modified: 09 Sep 2019 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65742

Actions (login required)

View Item View Item