PANDANGAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMP SE-KOTA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PJKR DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Teguh Prasetyo (2012) PANDANGAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMP SE-KOTA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PJKR DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. S1 thesis, FIK.

[img] Text
Abstrak 300.doc

Download (34kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan guru pendidikkan jasmani di SMP Se-kota Yogyakarta terhadap kompetensi mahasiswa PJKR dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan pada tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani SMP di Kota Yogyakarta yang menjadi guru pembimbing mahasiswa praktikan PPL PJKR berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket sebagai instrumennya. Terdapat 35 butir pernyataan yang ada dalam instrumen. Uji validitas menggunakan korelasi bagian total dengan taraf signifikansi 5%, 35 butir gugur 3 sehingga ada 32 butir yang valid dan uji reliabilitasnya menggunakan teknik alpha cronbach level 0,576. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebesar 41,66% mahasiswa PPL UNY Prodi PJKR memiliki kompetensi yang “sangat baik”, sedangkan sisanya yakni sebesar 16,67% dalam kartegori “baik”, sebesar 16,67% masuk dalam kategori “kurang baik”, dan 25% masuk dalam kartegori kompetensi “kurang baik sekali”. Hasil semua analisis yang menunjukkan kompetensi mahasiswa PPL FIK UNY dapat diketahui bahwa kemampuan yang paling baik dimiliki Mahasiswa praktikan adalah kemampuan dalam menyiapkan pembelajaran dan kompetensi kurang baik adalah dalam mengevaluasi pembelajaran. Kata kunci: Pandangan Guru Penjas, Kompetensi, Mahasiswa PPL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item