PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PREZI DAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KORESPONDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Sholikhatun, Isna (2019) PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PREZI DAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KORESPONDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
40. SKRIPSI_ISNA SHOLIKHATUN_14802241006.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar korespondensi antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan bentuk desain nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul berjumlah 64 siswa yang juga dijadikan sampel penelitian. Dari dua kelas tersebut, satu kelas dikelompokkan menjadi kelas eksperimen 1 (32 siswa) yang menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi dan satu kelas lain sebagai kelas eksperimen 2 (32 siswa) yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan untuk uji coba instrumen tes hasil belajar dilakukan pada 32 siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Depok. Selain itu juga dilakukan uji validitas untuk kelayakan media pembelajaran oleh expert judgment. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis uji-t (t-test). Hasil analisis data selisih pretest dan posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar korespondensi yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi prezi. Hal tersebut berdasarkan nilai thitung = 1,942 lebih besar dari ttabel = 1,669 (thitung ˃ ttabel) dan nilai signifikansi 0,035 lebih kecil dari 0,05 (0,035 ˂ 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Prezi, PowerPoint, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:19
Last Modified: 09 Sep 2019 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65737

Actions (login required)

View Item View Item