PELAKSANAAN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA UNTUK KARYAWAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY)

Ariani, Ratna (2019) PELAKSANAAN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA UNTUK KARYAWAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
35. Skripsi_Ratna Ariani_13802241049_Pendidikan Administrasi Perkantoran_FE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan pelayanan prima untuk karyawan di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Bidang Personalia Kopma UNY, Asisten Bidang Personalia, dan karyawan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelatihan pelayanan prima terdapat tiga tahap, yaitu: 1) Tahap perencanaan pelatihan, pengurus menentukan beberapa hal terkait pelatihan yaitu jenis pelatihan yang dipilih berdasarkan need assessment, waktu pelatihan yaitu berdasarkan waktu operasional kopma dan jadwal kerja karyawan, peserta pelatihan yaitu karyawan yang dalam pekerjaannya banyak berhubungan langsung dengan pelanggan, instruktur pelatihan dipilih berdasarkan latar belakang pengetahuan yang dimilikinya, materi pelatihan dipilih berdasarkan permasalahan yang terdapat di lapangan, 2) Tahap pelaksanaan kegiatan pelatihan, pada pelaksanaan pelatihan masih terdapat ketidaksesuaian antara kualifikasi instruktur pelatihan dengan jenis pelatihan. Hal tersebut dikarenakan instruktur yang dipilih kurang menguasai tema pelatihan dan kurang menguasai teknik penyampaian materi kepada peserta. Kemudian untuk tema pelatihan sudah sesuai dengan tujuan pelatihan. Tempat pelatihan sudah sesuai dengan jumlah peserta pelatihan dan materi pelatihan juga sudah sesuai dengan tema pelatihan. 3) Tahap evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa setelah pelatihan peserta memperoleh pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan karyawan di tempat kerja, dan terdapat perubahan perilaku, serta keterampilan pada karyawan namun perubahan tersebut tidak bertahan lama karena setelah beberapa waktu karyawan akan kembali pada perilaku dan keterampilan awal karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Pelatihan Karyawan, Kopma UNY
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:14
Last Modified: 09 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65729

Actions (login required)

View Item View Item