PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 GODEAN

Ramadhani, Nurul (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
33. SKRIPSI_NURUL RAMADHANI_14802244003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Godean; 2) pengaruh motivasi berwirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Godean; 3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK N 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu 90 orang peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Godean. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 71 peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Depok. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Godean sebesar 14,1%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Godean sebesar 29,2%; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Godean sebesar 36,9%. Rekomendasi untuk hasil penelitian ini adalah guru disarankan mampu mengubah mindset peserta didik bahwa menjadi seorang wirausaha itu lebih menjanjikan, dengan cara memperkenalkan profil dan mendatangkan lulusan SMK yang menjadi pengusaha sukses, mengikutkan peserta didik dalam pelatihan dan komunitas kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:10
Last Modified: 09 Sep 2019 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65727

Actions (login required)

View Item View Item