Tri Asih, Shoim (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
32. SKRIPSI_SHOIM TRI ASIH_14802241019.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari. 2) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari. 3) pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sejumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 35% ditunjukkan dengan koefisien determinasi (r2x1y) 0,350; koefisien korelasi (rx1y) 0,592; dan hasil uji-t diperoleh nilai thitung 5,780 > ttabel 1,986 pada taraf signifikansi 0,05. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 39% ditunjukkan dengan koefisien determinasi (r2x2y) 0,390; koefisien korelasi (rx2y) 0,625; dan hasil uji-t diperoleh nilai thitung 6,840 > ttabel 1,986 pada taraf signifikansi 0,05. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 55% ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2y(1,2)) 0,550; koefisien korelasi (Ry(1,2)) 0,741; dan hasil uji-f diperoleh nilai Fhitung 34,080 > Ftabel 3,090 pada taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Administrasi Perkantoran |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 04:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65725 |
Actions (login required)
View Item |