PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KELAS XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN TKGSP SMKN 2 PENGASIH KULONPROGO

Agustin, Yola (2019) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KELAS XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN TKGSP SMKN 2 PENGASIH KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN-DAFTAR LAMPIRANN.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menghasilkan Modul pembelajaran Sistim Utilitas Bangunan Gedung kelas XI Program Keahlian TKGSP di SMK Negeri 2 Pengasih; (2) Mengetahui kelayakan modul Teknik Bangunan yang telah dibuat untuk kelas XI Program Keahlian TKGSP di SMK Negeri 2 Pengasih Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D model dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Tahap pengembangan (Develop); (4) Tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian dilakukan di SMKN 2 Pengasih Kulonprogo, pada Mata Pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung Semester Genap. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: proses pengembangan Modul Teknik Bangunan berdasarkan tahap define, design, develop dan disseminate. Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang divalidasi oleh ahli materi I memperoleh tingkat kelayakan sebesar 4,46 (sangat layak) dan ahli materi II memperoleh tingkat kelayakan sebesar 4,52 (sangat Layak). Penilaian tingkat kelayakan oleh ahli media I sebesar 4.46 dan ahli media II sebesar 4,46 (sangat Layak). Sehingga modul dikategorikan sangat layak digunakan untuk bahan pembelajaran peserta didik di SMKN 2 Pengasih Kulonprogo

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Teknik Bangunan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:07
Last Modified: 09 Sep 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65720

Actions (login required)

View Item View Item