PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI BENDA KONKRET DAN TANPA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA SUTOPADAN, KASIAN, BANTUL

Irawati, Irawati (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI BENDA KONKRET DAN TANPA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA SUTOPADAN, KASIAN, BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI TUGAS AKHIR_Irawatii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan dalam kemampuan mengklasifikasikan benda antara anak yang menggunakan metode pemberian tugas melalui benda konkret dengan yang tanpa benda konkret pada anak Kelompok A di TK ABA Sutopadan. Penelitian ini memfokuskan dalam kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 4-5 tahun meliputi mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, warna, ukuran dan mengklasifikasikan benda dengan dua variasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental-kuasi dengan bentuk desain nonrandomized pretest posttest control group design. Subyek penelitian terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A dengan usia 4-5 tahun di TK ABA Sutopadan, Kasian, Bantul berjumlah 42 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengklasifikasikan benda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini ialah lembar observasi berupa rating scale dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan mengklasifikasikan benda antara penggunaan metode pemberian tugas melalui benda konkret dengan tanpa benda konkret pada anak Kelompok A di TK ABA Sutopadan. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t-test skor post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 5,923 > ttabel: 1,684 = signifikan). Kelompok eksperimen memiliki peningkatan kemampuan mengklasifikasikan benda lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dikarenakan penggunaan benda konkret dalam mengklasifikasikan benda. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa penerapan metode pemberian tugas menggunakan benda konkret dalam kemampuan mengklasifikasikan benda memberi pengaruh yang lebih baik daripada tanpa menggunakan benda konkret. Kata kunci: kemampuan mengklasifikasikan benda, benda konkret, anak Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:24
Last Modified: 06 Sep 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65709

Actions (login required)

View Item View Item