STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI ANANDA MENTARI PLAYGROUP AND KINDERGARTEN YOGYAKARTA

Tri Yuni, Astuti (2019) STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI ANANDA MENTARI PLAYGROUP AND KINDERGARTEN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Naskah Skripsi_Tri Yuni Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran inklusi di Ananda Mentari Playgroup and Kindergarten, yang terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru kindergarten, 1 guru khusus, dan 1 tenaga kependidikan. Objek dari penelitian yaitu proses pembelajaran inklusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model alir yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus yaitu disesuaikan dari hasil asesmen yang dilakukan pada awal semester sehingga rencana pembelajaran disesuaikan dengan hambatan masing-masing anak atau disebut juga kurikulum PPI. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa khusus menggunakan metode pembelajaran kelas reguler pullout. Siswa berkebutuhan khusus mengikuti pembelajaran setiap dua kali dalam satu minggu. Terapi yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus yaitu berupa terapi kinesiology yang dilakukan setiap satu minggu sekali. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan checklist yang disesuaikan dengan usia mental anak, sedangkan bagi siswa reguler dengan melihat usia kronologis anak. Evaluasi dilakukan pada awal dan akhir semester dengan cara mengisi checklist yang memuat aspek fisik, emosi, sosial, kognitif, moral dan bahasa. (4) Faktor pendukung pembelajaran yaitu adanya parents club dan faktor penghambat penyelenggaraan sekolah yaitu persaingan antar sekolah serta sekolah kesulitan mencari guru yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kata kunci: studi kasus, pembelajaran inklusi, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 04:16
Last Modified: 06 Sep 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65706

Actions (login required)

View Item View Item