UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN PUZZLE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA BAKTI IV

Ratna, Ambarwati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN PUZZLE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA BAKTI IV. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Ratna Ambarwati_15111241052_PG PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Bakti IV melalui bermain puzzle angka. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan1-10 yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalahsemua anak Kelompok A TK Dharma Bakti IV yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain puzzle angka. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10dari siklus I ada 9 anak (64,28%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan pada siklus II meningkat menjadi 11 anak (78,57%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan ada 2 anak (14,29%) pada kriteria Berkembang Sangat Baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari indikator membilang, menunjukkan lambang bilangan, menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah dan indikator menulis lambang bilangan. Langkah-langkah yang dilakukan guru adalah 1) guru mendemonstrasikan cara bermain puzzle angka secara berulang dan bernyanyi Mengenal Angka, 2) anak membilang, 3) anak bermain puzzle angka, 4) anak menunjukkan lambang bilangan sesuai yang guru ucapkan, 5) anak menuliskan lambang bilangan, 6) anak diberi dukungan dan reward. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bermain puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A TK Dharma Bakti IV. Kata kunci : mengenal lambang bilangan,bermain puzzle angka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 04:08
Last Modified: 06 Sep 2019 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65705

Actions (login required)

View Item View Item