PENERAPAN KEGIATAN BERCERITA GURU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUSUTARA KECAMATAN WIROBRAJAN

Dinda, Rizqika (2019) PENERAPAN KEGIATAN BERCERITA GURU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GUGUSUTARA KECAMATAN WIROBRAJAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
TAS_15111241037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan bercerita guru pada anak Kelompok B di TK Gugus Utara Kecamatan Wirobrajan Yogyakarta. Kegiatan bercerita dalam penelitian ini adalah penerapan guru dalam menyampaikan cerita, memilih jenis cerita, dan menyajikan cerita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 9 guru Kelompok B di TK Gugus Utara Kecamatan Wirobrajan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi yang berbentuk checklist, pedoman wawancara dengan menggunakan angket tertutup, dan dokumentasi berupa RPPH. Data yang diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan kegiatan bercerita guru Kelompok B di TK Gugus Utara Kecamatan Wirobrajan Yogyakarta, yaitu: 1) para guru dalam bercerita sudah mengucapkan bunyi bahasa secara tepat dan menggunakan pemilihan kata yang dapat dipahami oleh anak, 2) para guru dalam bercerita menggunakan tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak, 3) para guru memulai kegiatan bercerita menggunakan kalimat pembuka yang menarik, dan di akhir cerita para guru selalu menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalamnya, 4) faktor pendukung yakni masing-masing TK sudah menyediakan media bercerita seperti buku cerita, boneka dan laptop yang dapat digunakan untuk menampilkan video-video cerita anak. Faktor penghambat penerapan kegiatan bercerita yaitu: faktor usia guru, dan kesulitan guru dalam menerapkan teknik bercerita. Kata kunci: kegiatan bercerita, guru Kelompok B, Taman Kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:31
Last Modified: 06 Sep 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65701

Actions (login required)

View Item View Item