MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA FLANEL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA KALINAMPU GUNUNGKIDUL

Itsnaini, Wahidatunnisa (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA FLANEL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA KALINAMPU GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
15111241020_Itsnaini Wahidatunnisa_TAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media Flanel Angka pada anak Kelompok A di TK ABA Kalinampu Gunungkidul. Penelitian ini dilakukan karena media Flanel Angka merupakan media yang aman dan menarik untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK ABA Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian diawali dengan pelaksanaan pratindakan, kemudian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok A di TK ABA Kalinampu Gunungkidul terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list) dan panduan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah yang dilakukan guru, yaitu guru mengajak anak untuk menyebutkan bilangan menggunakan benda konkret, kemudian guru mengajak anak membilang 1 sampai 10, lalu anak membilang sambil menghubungkan dengan lambang bilangan menggunakan media flanel angka dan meniru lambang bilangan 1 sampai 10. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A telah memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75% dari seluruh anak dan masuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan atau BSH dengan memperoleh persentase sebesar 83,22%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media flanel angka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal lambang bilangan pada anak Kelompok A di TK ABA Kalinampu Gunungkidul. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, media flanel angka, anak Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:29
Last Modified: 06 Sep 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65700

Actions (login required)

View Item View Item