UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA TERTIB ANTRE PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI TEKNIK MODELING DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI BETUNG BENGKAYANG

Latifa Diah, Mardiana (2019) UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA TERTIB ANTRE PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI TEKNIK MODELING DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI BETUNG BENGKAYANG. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LATIFA DIAH MARDIANA _15111241042.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya tertib antre di TK Negeri Pembina Sungai Betung. Adapun komponen budaya tertib antre yang menjadi fokus dalam penelitian ini meliputi mulai antre sesuai urutan, tidak berebut posisi, tidak memotong, dan tidak saling mendorong saat antre. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Tempat penelitian di kelompok B TK Pembina Sungai Betung, Bengkayang, Kalimantan Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya tertib antre anak dapat meningkat melalui penerapan teknik modeling. Penerapan teknik modeling berupa proses pembelajaran dengan teknik modeling live model dan symbolic model yang dilakukan melalui langkah-langkah berikut: 1) Guru memberikan contoh budaya tertib antre dengan menunjukkan gambar dan juga dengan cara ikut dalam kegiatan mengantre anak; 2) Guru dan anak memiliki kesepakatan kelas yang dibuat bersama agar proses pembelajaran berlangsung efektif, khususnya pada kegiatan mengumpulkan tugas, mencuci tangan, dan keluar kelas; 3) Guru memberikan nasehat kepada anak agar anak dapat lebih memahami budaya tertib antre dan bisa menanamkan kebiasaan mengantre dengan lebih mudah; 4) Guru melakukan pengawasan dalam proses kegiatan mengantre dan menilai anak yang belum mampu antre dengan tertib. Guru memfasilitasi dan mengarahkan anak selama kegiatan mengantre berlangsung; dan 5) Guru memberikan reward agar anak lebih tertib dalam mengantre. Peningkatan dapat dilihat dari hasil pratindakan sebesar 13,64%, meningkat pada Siklus I menjadi 68,18%, dan menjadi 100,00% pada Siklus II. Kata kunci: antre, teknik modeling, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:22
Last Modified: 04 Oct 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65698

Actions (login required)

View Item View Item