PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL TATAP MUKA PADA SISWA KELAS VIII

Adi Triyanto, Adi (2019) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL TATAP MUKA PADA SISWA KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ADI TRIYANTO_12104241068.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan di SMP Negeri 1 Turi yaitu siswa kelas VIII yang memiliki permasalahan dalam intensitas penggunaan media sosial yang tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi sebab akibat. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi yang berjumlah 118 dengan rentang usia 13-14 tahun. Instrumen yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan media sosial dan skala interaksi sosial. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi melalui expert judgment, sedangkan reliaibilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,762 pada skala intensitas penggunaan media sosial dan 0, 872 pada skala interaksi sosial. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan SPSS versi 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat intensitas penggunaan media sosial terhadap tingkat interaksi sosial (b sebesar 0, 191 dan nilai α sebesar 0,044). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan media sosial maka semakin tinggi juga tingkat interaksi sosial pada diri individu. Kontribusi yang diberikan intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial sebesar 3,4 % sedangkan 96,6% dipengaruhi oleh faktor lain . Kata kunci : Intensitas penggunaan media sosial, interaksi sosial tatap muka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:30
Last Modified: 05 Sep 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65681

Actions (login required)

View Item View Item