EFEKTIVITAS TERAPI MUSIK KLASIK (EFEK MOZART) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH

Dara Istighfana M.S, Dara (2019) EFEKTIVITAS TERAPI MUSIK KLASIK (EFEK MOZART) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_DARA ISTIGHFANA M.S_12104241066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan stres akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik (efek mozart) terhadap penurunan stres akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian dengan desain Quasi Eksperimenat Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling yang melibatkan 2 kelas dari kelas VIII sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui tingkat tingkat stres akademik siswa yaitu instrumen skala tingkat stres akademik. Uji validitas isi melalui uji ahli, Sedangkan realibilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,850. Analisis data menggunakan uji beda (Uji-t). Hasil uji homogenitas menunjukan sama secara signifikan antara pretest kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol dengan p=0,646 dimana p>0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa p=0,000 dimana p<0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik klasik efektif terhadap penurunan tingkat stres akademik pada siswa. Kata kunci: musik klasik (efek mozart), stres akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:03
Last Modified: 05 Sep 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65679

Actions (login required)

View Item View Item