PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMATANGAN KARIER MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNY

Nur Naningsih Putri Astuti, Nur (2019) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMATANGAN KARIER MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
15104241044_Nur Naningsih Putri Astuti_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap kematangan karier mahasiswa bimbingan dan konseling UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018, 2017, 2016, 2015, dan 2014 sejumlah 166 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self regulated learning dan skala kematangan karier. Uji validitas instrumen penelitian ini menggunakan expert judgement dilanjutkan uji konsistensi item dengan pearson product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach diperoleh nilai koefisien alpha 0,714 pada intrumen kematangan karier dan 0,714 pada instrumen self regulated learning. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 22 mahasiswa (13,3%) memiliki self regulated learning dengan kategori tinggi dan 144 mahasiswa (86,7%) memiliki self regulated learning dengan kategori sedang; (2) sebanyak 53 mahasiswa (31,9%) memiliki kematangan karier dalam kategori tinggi dan 113 mahasiswa (68,9%) memiliki kematangan karier dalam kategori sedang; (3) self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kematangan karier mahasiswa BK UNY dengan sumbangan efektif sebesar 20,2%. Dengan demikian, diketahui bahwa dengan memiliki self regulated learning tinggi maka akan dapat meningkatkan kematangan karier. Kata kunci: self regulated learning, kematangan karier

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:09
Last Modified: 05 Sep 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65676

Actions (login required)

View Item View Item