EFEKTIVITAS TERAPI MUSIK DENGAN MURROTAL ALQURAN TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA KELAS X MAN 2 YOGYAKARTA

Boy Haryono, Boy (2019) EFEKTIVITAS TERAPI MUSIK DENGAN MURROTAL ALQURAN TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA KELAS X MAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Boy Haryono_14104241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas terapi musik dengan murrotal alquran terhadap tingkat stres akademik pada siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta. Jenis penelitan ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment, desain penelitian yang digunakan adalan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalak kelas X sejumlah delapan kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Bahasa sebagai kelas kontrol yang telah ditentukan melalui Quote Purposive Sampling berdasarkan profil tingkat stres akademik di setiap kelas dan anjuran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Teknik pengambila data pada penelitian ini menggunakan skala stres akademik dengan jumlah item pernyataan 57. Reliabilitas dari skala stres akademik dengan nilai alfa combach’s 0,732. Peneliti memberikan treatment berupa terapi musik dengan murrotal alquran kepada kelompok eksperimen sedangkan untuk kelompok kontrol tidak diberikan Treatment. Setelah diberikan pretest dan treatment pada kelompok eksperimen, kemudian siswa diberi posttest untuk mengukur tingkat stres akademik siswa. Hasil uji Paired T Test kelompok Eksperimen didapat nilai sig. 0,028 ≤ 0,05 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nilai sig. 0,0928 ≥ 0,05 sehingga dapat disimpulkan hasil hipotesis akhir yaitu Ha diterima dan H0 ditolak atau dalam artian terapi musik dengan murrotal alquran efektif menurunkan tingkat stres akademik pada siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta. kata kunci: Stres Akademik, Murrotal Alquran, Terapi Musik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:36
Last Modified: 05 Sep 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65675

Actions (login required)

View Item View Item