PENINGKATAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SDN BURAN 3 KABUPATEN KARANGANYAR

Wahyudi, Shogi Johan (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KETRAMPILAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SDN BURAN 3 KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shogi Johan Wahyudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan konsep dasar operasi hitung bilangan cacah penjumlahan dan pengurangan dengan media sempoa pada siswa kelas I di SD Negeri Buran III Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas I SDN Buran 3 Kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 18 yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Siklus 1 dan 2 masing-masing dilaksanakan dua pertemuan. Teknik pegumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen Pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Validitas instrument diperoleh dari expert judgement dari dosen ahli Pendidikan matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 sebanyak 85% atau sebesar 16 dari 18 siswa. Penggunaan sempoa yaitu dengan memperhatikan jumlah siswa dan pemerataan antar anggota kelompok dan berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belajar operasi hitung materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I di SDN Buran 3 Kabupaten Karanganyar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan yang terjadi yaitu pada pra tindakan yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 siswa dari 18 siswa (61,16%), terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa dari 18 siswa (77,84%) dan terjadi lagi peningkatan sebanyak 16 siswa dari 18 siswa (88,89%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 68,61 pada pra tindakan, 70 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 80,27 pada siklus II. Kata kunci : penjumlahan dan pengurangan, media sempoa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:05
Last Modified: 05 Sep 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65674

Actions (login required)

View Item View Item