PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PENGGUNAAN MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGASEM MAGELANG

Husna, Laila Jannatin (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PENGGUNAAN MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGASEM MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
LAILA JANNATIN HUSNA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui penggunaan mind map pada siswa kelas IV SD Negeri Ngasem Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngasem Magelang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi check list dan menulis cerita pendek. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian ini bahwa peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dilakukan melalui langkah-langkah penggunaan mind map meliputi siswa memperhatikan penjelasan unsur-unsur instrinsik cerita pendek, siswa memperhatikan penjelasan kaidah tata cara menulis yang baik, siswa memperhatikan contoh mind map yang menarik, siswa dibimbing saat menulis cerita pendek, siswa dibimbing saat membuat mind map, siswa menerima umpan balik dari tugasnya. Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek dari observasi, siklus I, hingga siklus II. Nilai rata-rata tes menulis cerita pendek pada observasi adalah 65,56 meningkat 4,8 menjadi 70,36 pada siklus I dan meningkat 3,12 menjadi 73,48 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan dari 24% pada saat observasi meningkat 24% menjadi 48% pada siklus I dan menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan pada saat observasi-siklus I meningkat 24%, siklus I-siklus II meningkat 32% dan dari observasi hingga siklus II meningkat 56%. Kata Kunci : keterampilan menulis cerita pendek, penggunaan mind map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:27
Last Modified: 05 Sep 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65671

Actions (login required)

View Item View Item