PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 – 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

YUSUP TIRTO AGUNG LAKSONO, YUSUP (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 – 2018 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Yusup_Tirto_Agung_Laksono_13104241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, variabel penelitian ini adalah motivasi belajar, gaya belajar, prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018 sebanyak 250 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini secara parsial: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (2) Terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016-2018. (3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNY angkatan 2016- 2018. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,135 atau 13,5% dapat diartikan bahwa 13,5% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan gaya belajar, sedangkan sisanya sebesar 86,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2019 09:13
Last Modified: 04 Sep 2019 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65661

Actions (login required)

View Item View Item