PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEPEK

Fatimah, Nida Hidayatul (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEPEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nida Hidayatul Fatimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kepek melalui model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar, lembar observasi guru (keterlaksanaan pembelajaran) model inkuiri terbimbing dan angket aktivitas belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kepek yang berjumlah 25 siswa. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini adalah rerata aktivitas belajar IPA siswa mendapat skor ≥76. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus 2 yaitu dari 73,41% menjadi 82,16%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II yaitu 91,6%. Peningkatan pada siklus II tersebut karena adanya tindak lanjut dan perbaikan dari kekurangan di siklus I dengan tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing diantaranya (1) penyajian permasalahan yaitu penyajian fenomena dan permasalahan untuk menumbuhkan minat siswa dengan teks cerita dan tanya jawab, (2) membuat hipotesis yaitu jawaban sementara terhadap suatu fenomena atau permasalahan dan menuliskan hipotesis di papan tulis, (3) mengumpulkan data, yaitu melalui percobaan secara berkelompok dengan pembagian tugas dan menulis data percobaan dengan bimbingan guru perkelompok, (4) menganalisis data, yaitu melalui mengerjakan LKS dan diskusi dengan bimbingan guru perkelompok, (5) merumuskan kesimpulan, yaitu mendeskripsikan hasil temuan berdasarkan hasil penelitian dengan mempresentasikannya dan menuliskan hasil kesimpulan di buku masing-masing. Kata kunci: aktivitas belajar, model inkuiri terbimbing, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:08
Last Modified: 04 Sep 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65651

Actions (login required)

View Item View Item