UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TUKANGAN

Aditama, Ikhsan Bayu (2019) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TUKANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ikhsan Bayu Aditama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Tukangan Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tukangan yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 70, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri Tukangan. Hasil Observasi pada siklus I dan II menunjukan peningkatan partisipasi aktif guru dari 82,1 % menjadi 85,7 %. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke Siklus II dari 82,1% menjadi 89,2%. Hasil tes soal matematika materi satuan waktu siklus I dan Siklus II meningkat dari 13 siswa (65%) menjadi 19 siswa (95%) dengan peningkatan sebesar 30% yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 20. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan dari 73,3 menjadi 83,98 dengan peningkatan 10,68. Kata kunci: Meningkatkan prestasi belajar matemattika, Model Pembelajaran Student Team Achievement Division

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:04
Last Modified: 04 Sep 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65650

Actions (login required)

View Item View Item