PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI

Aji, Indra Septo (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Indra Septo Aji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis paragraf narasi siswa Kelas V SD Negeri Beji Tahun Ajaran 2018/2019 melalui Strategi Menulis Terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Beji yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf narasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, soal tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunaan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes unjuk kerja kemampuan menulis paragraf narasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan aktif bertanya serta menanggapi pertanyaan dari guru. Siswa juga aktif memberikan saran kepada teman terkait dengan karangan temannya. Siswa menjadi lebih percaya diri saat membacakan hasil karyanya di depan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi menulis terbimbing dengan langkah-langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) pendrafan, c) perbaikan, d) penyuntingan, dan e) publikasi dengan bimbingan guru dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis paragraf narasi siswa kelas V SD Negeri Beji. Hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis paragraf pratindakan hanya terdapat 7 siswa atau sebesar 23,33% yang tuntas dan 23 siswa atau sebesar 76,67% yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 60,2083333. Pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 16 siswa atau sebesar 53,33% yang tuntas dan 14 siswa atau 46,67% yang belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 68,75. Pelaksanaan siklus II juga terus mengalami peningkatan yaitu terdapat 23 siswa atau sebesar 76,67% yang tuntas dan 7 siswa atau 23,33% yang belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 77,2916667. Kata kunci: kemampuan menulis paragraf narasi, strategi menulis terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:01
Last Modified: 04 Sep 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65649

Actions (login required)

View Item View Item