PENGEMBANGAN ALAT A.D STANDING PUNCH BALL UNTUK MELATIH KECEPATAN DAN REAKSI CABANG OLAHRAGA BELADIRI (KARATE, KICK BOXING, MUAY THAI, TARUNG DERAJAT DAN TINJU)

Prabowo, Trisnar Adi (2020) PENGEMBANGAN ALAT A.D STANDING PUNCH BALL UNTUK MELATIH KECEPATAN DAN REAKSI CABANG OLAHRAGA BELADIRI (KARATE, KICK BOXING, MUAY THAI, TARUNG DERAJAT DAN TINJU). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_trisnar adi prabowo_16602244023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa alat latihan yang dapat digunakan untuk berlatih dan melatih kecepatan serta reaksi untuk beladiri karate, kick boxing, muay thai tarung derajat, dan tinju. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Langkah-langkah penelitian ini mengadaptasi dari Langkah penelitian Sugiyono yang terdiri dari 13 langkah namun peneliti hanya mengadaptasi 10 langkah sesuai dengan tujuan penelitian pengembangan ini. Uji coba kelompok kecil dilakukan di sasana tinju Jogja dan sasana Rambo Muay Thai terhadap 5 responden, muay thai dan kickboxing sebanyak 5 responden, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan di sasana tinju Jogja sebanyak 5 responden, sasana Rambo Muay Thai 5 responden, sasana Joglo Camp 15 responden, dojo samawi karate 10 responden, dan atlet tarung derajat 10 responden. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket penilaian. Data hasil evaluasi berbentuk deskriptif, kuantitatif, dan kualitatif. Data yang bersifat kuantitatif berupa penilaian yang dihimpun melalui angket atau kuisioner uji coba produk. Data yang bersifat kualitatif diperoleh melalui kegiatan validasi ahli dan kegiatan uji coba yang berupa masukan, tanggapan serta kritik dan saran. Penilaian kelayakan model A.D standing punch ball dengan pengembangan yang dilakukan yakni menambahkan lengan untuk melatih kecepatan dan reaksi dilihat dari hasil validasi ahli materi sebesar 100%(layak) dan ahli media sebesar 100%(layak). Hasil uji coba kelompok kecil didapatkan penilaian 82.90%(layak), sedangkan kelompok besar didapatkan penilaian 85.98%(layak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk berlatih dan melatih kecepatan serta reaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danardono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: bela diri
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:43
Last Modified: 04 Feb 2021 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65624

Actions (login required)

View Item View Item